-->

Manfaat Keutamaan Niat Puasa Muharram 2020 9 Dan 10 Asyura Tasu'a Jatuh Pada Tanggal

Manfaat Keutamaan Niat Puasa Muharram 2020 9 Dan 10 Asyura Tasu'a Jatuh Pada Tanggal - Puasa asyura dan tasu'a adalah ibadah sunnah tahunan yang hanya di laksanakan jatuh pada tanggal 9 dan 10 bulan muharram menurut perhitungan kalender hijriyah. Pelaksanaan dari kedua puasa sunnah ini tentu tidak ada perbedaan dengan puasa pada umumnya dalam arti sama-sama di awali sejak terbit fajar dan di akhiri saat terbenamnya matahari serta niat di ucapkan di malam hari atau sebelum datang awal waktu puasa.

Dalil dari kesunnahan puasa asyura dan tasu'a bukanlah karena muharram ini termasuk awal atau tahun baru islam, melainkan bulan muharram termasuk pada salah satu dari empat bulan haram atau yang di muliakan, di mana ketika datang bulan haram di sunnahkan bagi umat islam untuk mengisinya dengan berbagai jenis amal kebaikan termasuk salah satunya adalah puasa, serta amalan ini langsung di anjurkan oleh baginda rasul saw semasa hidupnya.

Apabila berbicara mengenai puasa asyura atau tasu'a tentu tidak jauh berbeda dengan puasa senin kamis yaitu tidak lepas dari sebuah kisah yang langsung di alami oleh nabi saw. Apabila pada puasa senin kamis di ceritakan menjadi bulan kelahiran nabi dan waktu di perlihatkannya semua amal kepada allah, sedangkan pada puasa asyura dan tasu'a di bulan muharram mengisahkan cerita nabi ketika bertemu kaum yahudi sedang berpuasa karena taat kepada nabi musa sebagai tanda sukur telah di selamatkan dari para musuhnya.

Manfaat Keutamaan Niat Puasa Muharram 2018 9 Dan 10 Asyura Tasu'a Jatuh Pada Tanggal

Pada awalnya nabi hanya mengerjakan puasa pada tanggal 10 muharram atau di sebut dengan puasa asyura, tetapi di karenakan bersamaam dengan puasanya kaum yahudi maka nabi pun berencana untuk puasa dengan tanggal 9 bertujuan agar berbeda antara puasa umat islam dengan orang yahudi, akan tetapi belum juga sampai pada maksudnya tersebut nabi sudah wafat, maka sekarang untuk umat nabi muhammad saw, melaksanakan puasa di bulan muharram di anjurkan 2 hari, meski pada dasarnya di sunnahkan juga dari mulai tanggal 1 muharramnya.

Sedangkan mengenai keutamaan atau manfaat dari puasa sunnah di bulan muharram di antaranya sebagaimana di jelaskan dalam salah satu keterangan yaitu untuk puasa asyura akan di berikan pahala berupa pengampunan dosa selama setahun yang lalu dan tentunya dosa-dosa kecil, keterangan ini bersumber dari dalil atau hadits yang di riwayatkan oleh Imam Abu Daud dari Abu Qatadah RA, jadi sumbernya benar-benar ada tanpa harus di ragukan lagi.

Maka dengan begitu, kedatangan bulan muharram sebagai awal tahun atau tahun baru, harus di sambut dengan amal kebaikan terutama puasa sejak 1 muharram atau paling tidak pada tanggal 9 dan 10. Jangan hanya menyambut bulan tahun baru hanya dengan suatu aktivitas yang tidak ada artinya seperti banyak terjadi saat penyambutan tahun baru masehi. Bagiyang mau mengerjakan puasa muharram asyura dan tasu'a, mari baca niatnya di bawah ini.

Manfaat Keutamaan Niat Puasa Muharram 2018 9 Dan 10 Asyura Tasu'a  Jatuh Pada Tanggal

Untuk siapa saja yang menginginkan pahala satu tahun di hapus dosa yang telah lalu maka jangan pernah meninggalkan puasa asyura dan tasu'a. Maka sekarang silahkan hafal niat puasa muharram di atas yang telah kami sajikan khusu buat kalian yang belum mengatahui atau lupa akan bacaannya. Dan selanjutnya pelajari juga semunya yang berhubungan dengan manfaat keutamaan niat puasa muharram 2020 9 dan 10 asyura tasu'a jatuh pada tanggal pengertian dalil dilaksanakan rumi serta yang lainnya.