-->

Bacaan Doa Qunut Pendek Dan Artinya Nazilah Tolak Bala Sholat Subuh Witir

Bacaan Doa Qunut Pendek Dan Artinya Nazilah Sholat Subuh Witir - Pembahasan mengenai doa qunut menjadi salah satu pokok dari kajian yang lebih di utamakan pada situs ini, sebab memang banyaknya perbedaan pendapat yang terjadi di kalangan para ulama antara boleh atau tidak di bacan pada sholat. Akan tetapi yang berkaitan dengan masalah hukum qunut sebenarnya tidak bisa hanya di bicarakan pada tulisan ini saja sebab alangkah baiknya jika ada suatu forum khusus.

Keluar dari perbedaan hukum doa qunut, kami di sini masih sejalan dengan pendapat yang membolehkan pada amalan tersebut maka dari itu juga dokumen ini tersaji khsus untuk memberikan sebuah tulisan yang beisikan mengenai macam-macam doa qunut yang mana seperrti telah di ketahui bahwa qunut terbagi menjadi 3 bagian yaitu pada sholat subuh, witir dan nazilah. Ketiganya tersebut tentu harus bisa di pahami tentang bacaannya sebab selain ada sedikit perbedaan juga bacaannya agak panjang.

Mungkin bagi sebagiian besar orang-orang sudah paham dengan bacaan qunut subuh karena selain sering mendengar pada sholat subuh juga mungkin sering di ajarkan oleh para ustadz di tempat masing-masing. Akan tetapi nyatanya, tidak dapat di pungkiri bahwa ada sebagian masayarakat di luar sana yang sama sekali tidak memahami dengan doa qunut ini bahkan ada yang sama sekali tidak mengetahuinya. Maka dari itu kami di sini akan mencoba memberi fasilitas berupa tulisan agar orang yang mau menghafal bisa membacanya dengan mudah.

Bacaan Doa Qunut Pendek Dan Artinya Nazilah Sholat Subuh Witir

Sebelum menginjak pada pembahasan pokok yaitu tentang doa qunut, maka alangkah baiknya jika terlebih dahulu memahami perbedaan dari macam-macam doa qunut tersebut yaitu qunut subuh, nazilah dan witir. Di mana letak perbedaannya, mari sama-sama akan kita bahas dan coba perhatikan dengan baik, agar tidak salah memahami, sebab apabila menafsirkan letak dari qunut maka tidak menutup kemungkinan akan berakibat jelek.

1. Doa Qunut Nazilah

Yang pertama di bahas yaitu tentang qunut nazilah, untuk qunut nazilah itu sendiri tidak selamanya harus di bacakan akan tetapi hanya boleh di baca ketika ada suatu sebab misalnya jika di suatu tempat atau negara sedang ada musibah kepada umat muslim baik berupa penganiayaan dari kaum kafir, musibah penyakit, peperangan dan sejenisnya misalnya yang terjadi di rohingya, palestina dan beberapa negara lainnya. Maka jika hal tersebut menimpa unat islam kita di haruskan membaca qunut nazilah setiap sholat fardhu.

Contoh Bacaan Doa Qunut Nazilah

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ
اَللَّهُمَّ الْعَنْ كَفَرَةَ أَهْلَ الْكِتَابِ الَّذِيْنَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيْلِكَ وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَكَ وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَائَكَ
اَللَّهُمَّ خَالِفْ بَيْنَ كَلِمِهِمْ وَزَلْزِلْ أَقْدَامَهُمْ وَأَنْزِلْ بِهِمْ بَأْسَكَ الَّذِيْ لاَ تَرُدُّهُ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِيْنَ

Allohummagfir lanaa walilmu'miniina walmu'minaati walmuslimiina walmuslimaati wallip baena quluubihim wa aslih dzata bainihim wanshurhum 'alaa 'adzuwwika wa'adzuwwihim.
Allohummal'an kaparota ahlal kitaabi alladziina yashudduuna 'an sabiilika wayukadzibuuna rusulaka wayuqootiluuna auliyaaika.
Allohumma khollip baena kalimihim wazalzil iqdaamahum wainzil bihim ba sakalladzii latarudduhuu 'anilqaumil mujrimiin.

Artinya : Ya Allah...Ampunilah kami, kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat. Persatukanlah hati mereka. Perbaikilah hubungan di antara mereka dan menangkanlah mereka atas musuh-Mu dan musuh mereka”.
Ya Allah...Laknatlah orang-orang kafir ahli kitab (yahudi dan nashrani) yang senantiasa menghalangi jalan-Mu, mendustakan rasul-rasul-Mu, dan memerangi wali-wali-Mu.
Ya Allah...Cerai beraikanlah persatuan dan kesatuan mereka. Goyahkanlah langkah-langkah mereka, dan turunkanlah atas mereka siksa-Mu yang tidak akan Engkau jauhkan dari kaum yang berbuat jahat.


2. Doa Qunut Sholat Subuh

Menganai doa qunut waktu subuh ini berbeda dengan nazilah, meskipun tidak ada sebab tetap qunut subuh harus senantiasa di bacakan setiap sholat subuh pada rakaat ke dua sebelum ruku. Akan tetapi dalam hal bacaannya memang memiliki beberapa macam yang sering mayoritas masyarakat bacakan namun hal itu bukan lah suatu persoalan sebab intinya sama-sama berisikan doa di dalamnya, nah untuk contoh bacaan qunut subuh adalah sebagai berikut.

Contoh Qunut Subuh

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ
وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ
وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ
وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ
وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْت
فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ
وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ
وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ
تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ
فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ
وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahummahdinii fii man hadaiit,
Wa'aafinii fii man 'aafaiit,
Wa tawallanii fii man tawallaiit,
Wa baarik lii fiimaa a'thoiit,
Wa qinii birohmatika syarra maa qadhaiit,
Fa innaka taqdhii walaa yuqdaa 'alaiik
Wa innahu laa yadzillu man waalaiit,
Wa laa ya'izzu man 'aadaiit,
Tabaa rakta rabbanaa wata'aalait
Fa lakal-hamdu 'alaa maa qadhaiit
Astaghfiruka wa atuubu ilaiik,
Wa shallallaahu 'alaa sayyidina Muhammadinin-nabiyyil ummiyyi wa'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Artinya : Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang2 yang telah Engkau beri petunjuk.
Berilah aku kesehatan seperti orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan.
Pimpinlah aku bersama orang-orang yang telah Engkau pimpin.
Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku.
Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan.
Karena, sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum atau menentukan atas Engkau.
Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.
Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi.
Maha berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau.
Segala puji bagi-Mu atas yang telah engkau pastikan.
Aku mohon ampun dan kembali (taubat) kepada Engkau.
Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam atas nabi Muhammad beserta seluruh keluarganya dan serta sahabatnya.”


Penjelasan : Bagi yang bertugas sebagai imam maka lafadz yang di beri warna merah suaranya di pelankan, serta lafadz yang akhirnya di akhiri huruf "NII" di rubah menjadi "NAA" Contoh Allahummahdinii menjadi Allahummahdinaa dan seterusnya.

3. Qunut Sholat Witir

Mengenai qunut witir berbeda juga dengan kedua qunut di atas, di mana qunut witir ini hanya boleh di bacakan pada sholat witir sepertengah akhir pada bulan ramadhan hinggal akhir ramadhan. Danletak bacaannya sama pada rakaat terakhir, artinya jika sholar witir di lakukan 3 rakaat berarti qunut di bacakan pada rakaat ke tiga dan begitu juga jika sholat witir 11 rakaat maka pada rakaat sebelas, serta apabila di berjamaahkan cukup di baca keras oleh imam dan makmum mengamini, jika munfaris maka di bacakan sendiri, mengenai bacaan dari qunut wirir ini sama dengan bacaan qunut subuh.

Sampai di sini maka pembahasan mengenai bacaan doa qunut pendek dan artinya nazilah sholat subuh witir sudah cukup, sedangkan jika ingin mengetahui hukumnya silahkan cari pada dokumen lain agar lebih fokus lagi memahaminya sebab tentunya pembahasan mengenai hukum doa qunut bisa lebih panjang dari ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan silahkan hafalkan dengan baik dan benar.