Kultum Singkat Tentang Amalan Istimewa di Bulan Ramadhan Tahun 2020

Kultum Singkat Tentang Amalan Istimewa di Bulan Ramadhan - Mengenai pembahasan kali ini mengenai kegiatan di bulan suci ramadhan tentunya bagi ummat muslim bukan lagi hal yang asing apalagi kalau mendengah tentang kultum atau yang akrabnya di sebut kuliah tujuh menit baik di laksanakan setelah shalat tarawih atau sebelum melaksanakan tadarus alqur'an.untuk mengisi kegiatan ibadah tersebut biasanya materi yang dibawakan sesuai dengan isi atau kandungan yang berkaitan dengan bulan suci ramadhan.

Sahabat yang di rahmati allah sebelum pada pokok materi terlebih dahaulu kami panjatkan puji dan syukur kehadirat allah swt dan kami haturkan terimaksih kepada pembaca setia yang kiranya selalu sudi mampir di situs ini sehingga sampai saat ini admin bisa menyajikan sebuah artikel singkat  mengenai pokok bahasan yang akan di uraikan di bawah nanti  besar harapan dapat bermanpaat bagi kita semua.

Mengenai tema di atas yaitu mengenai amalan-amalan istimewa yang ada pada bulan ramadhan,yang di uraikan melalui kultum singkat ramadhan  oleh para dai atau imam mesjid,nah apa saja amalan-amalan istimewa pada bulan ramadhan? Untuk selengkapnya dapat anda baca pada rangkuman kultum singkat di bawah ini.


Sahabat pembaca yang di rahmati allah sungguh suatu kebahagiaan dan keberuntungan bagi kita selaku manusia dan tentunya sebagai umat muslim, apa bila di bulan suci ramadhan ini di isi dengan amalan yang banyak mengandung pahala, apalagi setelah sehariaan menahan haus lapar dan mengendalikan hawanfsu,malamnya setelah datangnya waktu berbuka kita tidak hanya duduk santai tapi langsung bersiap untuk melaksanakan sholat tarawih, nah biasanya pelaksanan kultum itu di lakukan setelah tarwih  dan untuk mengisi kultum sebagai mana tema tadi berikut pemaparan singkatnya :
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang” Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah. Alhamdulillah wasyukru ala niamillah washolatu wassalamu ala rasulillah (amma ba'du).bulan suci ramadan sangat di nanti kedatangnya karena di dalamnya mempunyai makna tersendiri bagi ummat Islam. bulan suci ramadan bisa di gunakan untuk wisata hati dan rohani,sehingga segala amaliah peribadatan pahalanya di lipat gandakan dan yakin rmadhan bulan yang sangat besar barokahnya bagi seluruh umat manusia di dunia ini bukan hanya umat islam tapi barokah ramdhan semua umat merasakanya.mudah-mudahan dengan menjalani proses ibadah sebulan penuh kita bisa menjadi pri badi yang lebih baik karena di bulan ramadhan ada yang disebut tadzkiyyatun nafs (pembersihan jiwa) dan riyadhotur ruhiyyah (olah rohani) dengan tujuan agar kita menjadi pribadi yang bertaqwa.nah untuk memperolah predikat taqwa ada beberapa fase yang perlu kita ketahui dan tentunya harus kita amalkan diantaranya :

1. Puasa
Melaksanakan puasa adalah hal yang utama sebagaimana firman allah dalam surah al baqarah ayat 183 yang bunyinya :
أعوذُ بِٱللَّهِ مِنَ ٱلشَّيۡطَٰنِ ٱلرَّجِيمِ
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ 
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa (shaum) sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al-Baqarah/2 : 183).
Puasa yang dilakukan tentunya tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga. karena intisari berpuasa adalah melatih kita untuk menahan diri dari hal-hal yang tidak benar dan dapat mengurangi atau malah menggugurkan nilai puasa yang kita lakukan. rasulullah SAW. bersabdayang artinya: “Bukankah (hakikat) puasa itu sekedar meninggalkan makan dan minum, melainkan meninggalkan perbuatan sia-sia dan berkata bohong”. (Hr. Ibn Hibban dan Ibn khuzaimah).

2. (Qiyamu Ramadan) Salat Tarawih 
Ibadah sunnah yang khas di bulan ramadan adalah salat tarawih. shalat ini merupakan salat sunnah muakkadah (sangat dianjurkan). ada beberapa riwayat yang menyebutkan tentang waktu dan jumlah rakaat salat tarawih ini. ibnu hajar al-atsqolani berkata: “beberapa riwayat yang sampai pada kita tentang jumlah rakaat salat tarawih menyiratkan ragam salat sesuai dengan keadaan dan kemampuan masing-masing”

3. (tadarrus) Membaca al-Quran

Al-Quran diturunkan pertama kali pada bulan ramadan, tidak heran jika rasulullah SAW. sering dan lebih banyak membaca al-quran dibandingkan pada bulan-bulan yang lain. demikian pula yang dilakukan para ulama terdahulu, imam az-zuhri berkata: “apabila datang ramadan, maka kegiatan utama kita selain berpuasa adalah membaca al-quran”. bacalah dengan tajwid yang baik, tadabburi isi dan maknanya, dan amalkan isinya.

4. (Ith’amut Tho’am) Memberikan makanan

Amalan ramadan yang juga dianjurkan rasulullah SAW. adalah memberikan makanan berbuka puasa kepada orang yang berpuasa. “barangsiapa memberi makanan berbuka kepada orang-orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut” (Hr. at-turmudzi dan an-Nasa-i)

Memberi makanan hanyalah salah satu contoh bentuk kedermawanan saja. hakikatnya adalah peduli dan sikap menolong orang lain adalah sifat yang perlu dilatih bagi orang yang berpuasa.

5. I’tikaf

I’tikaf adalah berdiam diri di masjid dengan niat beribadah kepada allah SWT.  abu sa’id al-khudri meriwayatkan bahwa rasulullah SAW. pernah beri’tikaf pada awal ramadan, pertengan ramadan dan paling sering di 10 hari terakhir bulan Ramadan.

6. Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul qadar itu sangat di nanti namun waktunya di rahasiahkan karena malam ini nilainya bahkan lebih baik dari pada seribu bulan. rasulullah SAW. amat menjaga-jaga untuk bisa merailh lailatul qadar ini, dan menyuruh kita untuk mencarinya di 10 hari terakhir bulan ramadan dengan lebih meningkatkan amal peribadahan kita.


7. Zakat Fitrah

Zakat fitrah ini termasuk sadaqah wajib yang harus ditunaikan bagi semua umat islam baik yang sudah dewasa atau balita sekalipun yang di tanggung oleh kepala keluarga dari mulai awal ramadan sampai sebelum khatib shalat ‘idul fitri menaiki mimbarnya untuk khutbah ‘idul fitri. tujuannya adalah selain membantu kaum fakir miskin dan orang yang berhak menerimanya, juga untuk mensucikan harta dan ibadah bagi orang yang melaksanakan puasa.demikian yang dapat saya sampaikan semoga kita akhiri kultum singkat ini dengan doa bersama robbana atina pidunya hasanah wapilakhiroti hasanah wakina adzabannar .wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dari bahasan di atas tadi mengenai kultum singkat tentang amalan istimewa di bulan ramadhan semoga ada manpat dan barokanya utamanya kita bisa melaksanakan ibadah dengan baik walau jauh dari kesempurnaan namun kita tetap berusaha untuk jadi yang terbaik, demikianlah mengenai amalan-amalan istimewa yang dapat kita lakukan di bulan Ramadan ini yang kami uraikan melalui kultum pendek terbaik singkat yang menarik untuk pemula padat jelas,tentang sabar dan lucu kita sama sama berdoa semoga kita diberi kemudahan oleh Allah SWT. dalam menjalankannya dan diperkenankan menyelesaikan ramadan dengan predikat taqwa mohon maaf bila ada kesalahan.