Awal Puasa Sunnah Bulan Rajab Tahun 2020 Berapa Hari Jatuh Pada Tanggal

Awal Puasa Bulan Rajab Tahun 2018 Berapa Hari Jatuh Pada Tanggal - Puasa bulan rajab adalah sebuah pembahasan yang cukup menarik untuk di perjelas dan di jadikan tema kali ini, pasalnya pada puasa ini terdapat banyak sekali perbedaan pendapat yang terjadi di kalangan para ulama baik dari sisi hukum pelaksanaan hingga berapa hari puasa rajab di kerjakan, bahkan ada juga di antaranya yang melarang pusa rajab dengan dalih tidak ada hukum dalil hadits shahih atau nabi saw tidak pernah melaksanakannya, maka dari itulah pada kesempatan ini kami ikut serta sedikit akan menjelaskannya dengan baik.

Sebelum mengulas pada pembahasan pokok tentang puasa termasuk dari niat puasa rajab maka sedikit akan kami ulas mengenai kapan awal bulan rajab untuk ini. Apabila melihat dari kalender yang sudah banyak beredar di kalangan masyarakat khususnya, maka bisa di tentukan bahwa Awal bulan rajab 2020 1441 H jatuh pada tanggal . Maka dengan begitu, mulai hari atau tanggal tersebut umat muslim indonesia sudah bisa mengerjakan puasa sunah bulan rajab.

Lalu bagai mana mengenai hukum dan berapa hari puasa bulan rajab di laksanakan atau di kerjakan? Sangat perlu untuk di ketahui bersama bahwa dalam perhitungan 12 bulan kalender islam atau hijriyah di kenal ada 4 bulan haram atau bulan yang di muliakan, perntaan ini di sampaikan langsung dalam firman allah surat at taubah ayat 36 yang di dalamnya terdapat kata arba'atun hurumun.
Maksud dari penafsiran asyhur al hurum atau bulan haram, menurut imam ibnu katsir menjelaskan yaitu rajab, muharram, dzulhijjah dan dzulqadah.

Awal Puasa Bulan Rajab Tahun 2020 Berapa Hari Jatuh Pada Tanggal

Serta pernyataan di atas di dukung oleh banyak hadits nabi yang menjelaskan tentang keutamaan puasa di bulan haram, dalam salah satu hadits nabi bersabda bahwa seutama-utamanya puasa selain ramadhan yaitu pada bulan al muharram dan rajab termasuk di dalamnya. Memang secara jelas tidak ada yang menerangkan hadits tentang di haruskan untuk puasa rajab. Akan tetapi surat attaubat yang di perelas oleh imam ibnu katsir serta hadits yang menyatakan puasa di bulan harram cukup menjadi hujah untuk mengerjakan puasa di bulan rajab.

Sedangkan menurut pendapat ulama empat madzhab, imam syafi'i, maliki dan hanafi membirikan hukum sunnah puasa pada bulan rajab, adapun pendapat imam hanbali memberikan hukum makruh puasa rajab apabila di lakukan secara keseluruhan atau selama satu bulan penuh, akan tetapi hukum makruh menjadi hilang apabila menyelanginya meskipun hanya satu hari atau bisa juga dengan cara
mnegirinya pada bulan sebelumnya, itu menurut imam hanbali.

Adapun mengenai keutamaan manfaat atau keitimewaan dan rahasia yang tersimpan pada puasa rajab ini, sebagaiman penjalasan salah satu hadits bahwa puasa rajab 1 hari memiliki tingkatan seperti halnya puasa satu bulan dan apabila 7 hari 7 pintu neraka akan di tutup, 8 hari maka 8 pintu sura di bukakan, 10 hari maka akan di gantikan dosa dosa dengan kebaikan. Maka dengan begitu mari kita sambut kedatangan bulan rajab dengan memperbanyak amalan sunnah terutama puasa.

Adanya pembahasan ini mengenai puasa rajab 2020 mudah-mudahan bisa menjadi pegangan yang baik untuk mengerjakan puasa sunnah di bulan haram ini. Dan jangan lupa untuk memperdalam pengetahuan seputar awal puasa bulan rajab 2018 berapa hari jatuh pada tanggal niat puasa bulan rajab keutamaan manfaat tata cara sunnah di lakukan sampai dan yang lainnya agar bisa menambah keyakinan untuk tidak meninggalkan puasa rajab ini.