Pengertian Dalil Niat Puasa Sunnah Asyura Dan Tasu'a 2020 Tanggal 9, 10 Muharram

Pengertian Dalil Niat Puasa Sunnah Asyura Dan Tasu'a 2020 Tanggal 9, 10 Muharram - Puasa asyura dan tasu'a adalah puasa sunnah dua hari yang berada pada bulan muharram tepatnya jatuh pada tanggal 9 dan 10 tahun hijriyah. Dalam penentuan tanggal ibadah misalnya puasa asyura, umat islam harus berpedoman pada kelender hijriah yang sah dalam agama, Tidak boleh mengikuti penanggalan masehi yang di jadikan kelender nasional di indonesia, tentunya banyak alasan karena ibadah di syariatkan oleh islam maka penentuan waktu pun harus sesuai yang sudah di tentukan syariat sejak dulu dan ini berlaku untuk umat islam seluruh dunia.

Banyak sekali terdapat dalil hadits yang menjelasankan tentang keutamaan atau manfaat dari puasa asyura dan tasua, sebagaimana yang tercantum dalam salah satu hadits riwayat imam bukhari yang bunyi artinya kurang lebih sebagai berikut, baginda nabi pernah memerintahkan puasa di hari asyura, lalu setelah ramadhan di wajibkan siapa saja yang ingin mengerjakan puasa asyura maka silahkan dan yang tidak maka tidak apa-apa.

Hadits tersebut menjelaskan pada kita sebagai umat islam, bahwa puasa asyura di sunnahkan untuk di kerjakan sebagaimana rasul saw juga mengerjakannya. Sedangkan puasa tasu'a pada tanggal 9 berawal dari sebuah kisah ketika nabi melihat kaum yahudi berpuasa pada tanggal 10 yang mengikuti musa sebagai tanda syukur karena telah di selamatkan dari musuhnya, melihat hal tersebut nabi pun berencana untuk puasa di tahun depan dengan tanggal 9 nya agar berbeda antara puasa yahudi dan umat islam, akan tetapi nabi saw wafat tidak bisa sampai pada tahun selanjutnya.

Pengertian Dalil Niat Puasa Sunnah Asyura Dan Tasu'a 2018 Tanggal 9, 10 Muharram
Selain itu juga ada beberapa pendapat yang mengemukakan bahwa puasa yang lebih di utamakan selain ramadhan adalah puasa pada bulan muharram mulai dari tanggal awal namun lebih di utamakan pada tanggal 10 yaitu asyura yang mana pahala yang bisa di dapat oleh orang yang mengerjakannya antara lain puasa asyura akan mampu menghapus atau mengugurkan dosa selama satu tahun yang telah berlalu, dan tentunya yang di maksud adalah dosa kecil

Selanjutnya menginjak pada tata cara puasa asyura dan tasua, panduan dari kedua puasa ini tidak ada perbedaan dengan puasa pada umumnya yaitu untuk waktunya di mulai sejak terbit fajar hingga terbenam matahari yang sebelumnya di bacakan niat terlebih dahulu pada waktu malam hari. Dan di sunnahkan juga bagi orang yang mau mengerjakan puasa tanggal 9 dan 10 muharram untuk melakukan sahur dan berbuka puasa sama seperti puasa lainnya, sementara untuk bacaan niat langsung simak di bawah ini.

Pengertian Dalil Niat Puasa Sunnah Asyura Dan Tasu'a 2018 Tanggal 9, 10 Muharram
Muharram termasuk bulan mulia dari empat bulan lainnya, dimana ketika datang bulan tersebut di anjurkan untuk mengisinya dengan amalan-amalan sunnah seperti halnya puasa, sholat, berdoa dan lain sebagainya. Salah satu dari bulan tersebut yang harus di isi dengan puasa adalah muharram, maka silahkan hafal niat puasa asyura dan tasu'a agar bisa langsung di kerjakan pada waktunya karena bagaimanapun niat ini sangat penting dalam ibadah. Berikut kami rangkum semua yang berkaitan dengan pengertian dalil niat puasa sunnah asyura dan tasu'a 2018 tanggal 9, 10 muharram manfaat jatuh pada tanggal dan yang lainnya.